Skip to content

KSDAI bersama Menarini luncurkan panduan diagnosis dermatitis atopik

Written by

gjpewjbuoa

KSDAI bersama Menarini luncurkan panduan diagnosis dermatitis atopik

Kesatuan Dokter Spesialis Alergi Imunologi Klinis Indonesia (KSDAI) bekerja sama dengan perusahaan farmasi Menarini Indonesia telah meluncurkan panduan diagnosis dermatitis atopik. Panduan ini bertujuan untuk membantu dokter dalam mendiagnosis dan merawat pasien yang menderita penyakit kulit ini.

Dermatitis atopik adalah penyakit kulit kronis yang umum terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Penyakit ini ditandai dengan kulit kering, gatal, merah, dan bersisik. Dermatitis atopik juga dapat mempengaruhi kualitas hidup pasien karena rasa gatal yang persisten dan gangguan tidur yang disebabkan oleh penyakit ini.

Panduan ini mencakup berbagai aspek terkait dermatitis atopik, mulai dari faktor risiko hingga penatalaksanaan yang tepat. Dokter akan diberikan informasi yang lengkap mengenai gejala penyakit ini, kriteria diagnosis, serta pengobatan yang sesuai dengan kondisi pasien.

Selain itu, panduan ini juga mencakup informasi mengenai faktor pemicu yang dapat memperburuk dermatitis atopik, seperti alergen, cuaca, stres, dan polusi udara. Dengan pemahaman yang baik mengenai faktor-faktor ini, dokter dapat memberikan saran yang lebih efektif kepada pasien dalam mengelola penyakit mereka.

KSDAI dan Menarini Indonesia berharap bahwa panduan ini dapat menjadi panduan yang berguna bagi dokter dalam mendiagnosis dan merawat pasien dengan dermatitis atopik. Dengan penanganan yang tepat, diharapkan pasien dapat mengalami perbaikan pada kondisi kulit mereka dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Previous article

Menelusuri sejarah jurnalistik Indonesia di ANTARA Heritage Center

Next article

Kiat memasak daging agar rendah kolesterol