Skip to content

IDAI bagikan 7 kiat orang tua cegah kekerasan seksual pada anak

Written by

gjpewjbuoa

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) baru-baru ini membagikan tujuh kiat kepada orang tua untuk mencegah kekerasan seksual pada anak. Kiat-kiat ini sangat penting untuk diterapkan agar anak-anak terlindungi dari bahaya yang mengancam keamanan dan kesejahteraan mereka.

Pertama, IDAI menyarankan agar orang tua selalu membuka komunikasi dengan anak-anak mereka. Dengan berbicara secara terbuka, anak-anak akan merasa nyaman untuk berbagi pengalaman dan masalah yang mereka alami. Hal ini juga akan memudahkan orang tua untuk mendeteksi tanda-tanda kekerasan seksual pada anak.

Kedua, IDAI menekankan pentingnya mengajarkan anak-anak tentang batasan-batasan yang aman dalam hubungan sosial. Orang tua perlu mengajarkan kepada anak-anak agar mereka tidak boleh merahasiakan hal-hal yang membuat mereka tidak nyaman atau merasa terancam.

Ketiga, IDAI menyarankan orang tua untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang bagaimana cara melindungi diri dari orang-orang yang mungkin mencoba melakukan kekerasan seksual terhadap mereka. Anak-anak perlu diberitahu bahwa mereka memiliki hak untuk menolak tindakan yang tidak pantas atau tidak aman.

Keempat, IDAI menyarankan agar orang tua memantau aktivitas anak-anak mereka secara online. Karena kekerasan seksual juga dapat terjadi melalui media sosial dan internet, orang tua perlu memastikan bahwa anak-anak mereka tidak terlibat dalam situasi yang berpotensi berbahaya.

Kelima, IDAI menyarankan agar orang tua selalu mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menghormati tubuh mereka sendiri dan tubuh orang lain. Anak-anak perlu diberitahu bahwa mereka memiliki hak untuk menolak sentuhan yang tidak pantas atau tidak diinginkan.

Keenam, IDAI menekankan perlunya orang tua untuk mengajarkan anak-anak tentang bagaimana cara mengenali tanda-tanda kekerasan seksual. Anak-anak perlu diberitahu bahwa mereka tidak sendirian dan bahwa mereka bisa mencari bantuan jika mereka mengalami kekerasan seksual.

Terakhir, IDAI menyarankan agar orang tua selalu memberikan dukungan dan cinta kepada anak-anak mereka. Dengan memberikan dukungan emosional dan fisik yang cukup, anak-anak akan merasa lebih aman dan terlindungi dari ancaman kekerasan seksual.

Dengan menerapkan kiat-kiat ini, diharapkan orang tua dapat membantu mencegah kekerasan seksual pada anak dan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak mereka. Semua pihak perlu bekerja sama untuk melindungi anak-anak dari bahaya yang mengancam keamanan dan kesejahteraan mereka.

Previous article

Morazen Yogyakarta tawarkan pengalaman "slow living"

Next article

World Intelligence Expo 2024 dibuka di Tianjin China