Skip to content

Budaya Tempe diajukan sebagai warisan budaya tak benda UNESCO

Written by

gjpewjbuoa

Tempe merupakan makanan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu di Indonesia. Makanan yang terbuat dari kedelai ini memiliki nilai gizi yang tinggi dan telah menjadi bagian penting dari budaya masyarakat Indonesia. Karena nilai historis dan budaya yang dimilikinya, kini budaya tempe diajukan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO.

Tempe menjadi salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Selain rasanya yang lezat, tempe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tempe mengandung protein tinggi, serat, vitamin B dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu, tempe juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Selain manfaat kesehatan, tempe juga memiliki nilai historis yang tinggi. Tempe telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Proses pembuatan tempe yang tradisional dan unik juga menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

Dengan diajukannya budaya tempe sebagai warisan budaya tak benda UNESCO, diharapkan masyarakat dapat semakin memahami pentingnya melestarikan budaya tradisional Indonesia. Selain itu, pengakuan dari UNESCO juga dapat membantu memperkenalkan budaya tempe ke dunia internasional dan meningkatkan nilai budaya Indonesia di mata dunia.

Sebagai masyarakat Indonesia, kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan budaya tempe. Kita harus terus mengajarkan generasi muda tentang pentingnya budaya tempe dan menghargai warisan leluhur kita. Dengan demikian, budaya tempe akan terus hidup dan berkembang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari identitas budaya Indonesia.

Previous article

Sensasi terbang bebas di Bukit Pangrango Puncak

Next article

Citra apresiasi UMKM perempuan melalui Piala Citraprenuer